Roblox Itu Dibuat dan Dirilis Pada Tahun Berapa, Sih? Gamers Wajib Tahu!

Roblox Itu Dirilis Pada Tahun Berapa, Sih? Gamers Tulen Wajib Tahu!3 min read

Game

Halo, SobatKutu! Pastinya kalian tahu betul dong soal Roblox? Ya, game di dalam game yang memungkinkan penggunanya membuat game mereka sendiri dan dibagikan pada pemain lain ini memang sangat populer. Menurut laporan dari perusahaannya sendiri, Roblox memiliki 66,2 juta pengguna aktif di bulan Maret 2023 kemarin. Menampung 9,5 juta developer di platform tersebut, Roblox sendiri sukses menuai 4.300 live viewer di Twitch pada Mei kemarin. Nah, kalau kamu ingin tahu kapan Roblox dirilis maupun dibuat pada tahun berapa dan kontroversi apa saja yang sempat meliputinya, berikut bahasan sejarah singkat tentang salah satu game paling populer di dunia!

Kapan Game Roblox Dirilis dan Dibuat Sebenarnya?

Kapan Game Roblox Dirilis dan Dibuat?

Roblox adalah sebuah platform game online dan sistem pembuatan game yang dirilis oleh Roblox Corporation. Roblox memungkinkan pemain untuk membuat game sendiri menggunakan sistem Roblox Studio tersebut, yang dikembangkan dari bahasa pemrograman Lua. Game-game — atau experience/pengalaman — yang dibuat oleh pemain kemudian bisa dimainkan juga oleh para pengguna Roblox lainnya.

Roblox sendiri mulai dibuat pada tahun 2004 oleh dua sahabat, David Baszucki dan Erik Cassel, yang sebelumnya mendirikan Knowledge Revolution di tahun 1989. Merupakan sebuah perusahaan perangkat lunak di bidang pendidikan, mereka berdua menciptakan sebuah simulator fisika 2D yang disebut Interactive Physics. Program inilah yang kemudian menjadi inspirasi untuk Roblox. Nama Roblox sendiri berasal dari gabungan kata “robot” dan “blocks“, karena bentuk karakter dan objek-objek di dalam game tampak seperti balok.

Dua tahun kemudian, Roblox resmi dirilis pada tahun 1 September 2006, setelah melewati beberapa tahap beta dan perubahan nama. Sebelum ditetapkan sebagai Roblox, Baszucki dan Cassel menyebut game buatan mereka sebagai GoBlocks dan DynaBlocks.

Fitur-fitur Roblox Apa Saja yang Membuatnya Menarik di Mata Gamers?

Fitur-Fitur Roblox Apa Saja yang Membuatnya Menarik di Mata Gamers?

Pada awalnya, Roblox hanya memiliki sedikit jumlah pengguna dan fitur-fitur dasar, seperti mata uang bernama Roblox Points, chat aman bagi anak di bawah 13 tahun, dan Badge yang bisa didapat dari Achievement. Namun, seiring berjalannya waktu, Roblox terus menambahkan fitur-fitur baru dan menarik, seperti:

  • Robux: mata uang virtual yang bisa dibeli dengan uang sungguhan atau didapatkan dengan bermain game.
  • Ticket: mata uang lain yang bisa ditukar dengan Robux atau digunakan untuk membeli item di Catalog.
  • Builders Club: sistem keanggotaan premium yang memberikan berbagai keuntungan, seperti membuat lebih banyak game, mendapatkan lebih banyak Robux, dan mengakses item eksklusif.
  • Roblox Convention: acara tahunan yang diadakan di berbagai kota untuk mengumpulkan para pengembang, pemain, dan staf Roblox.
  • UGC (User-Generated Content): fitur yang memungkinkan pengguna terpilih untuk membuat dan menjual item virtual mereka sendiri di Catalog.

Perkembangan dan Kontroversi Game Roblox

Perkembangan dan Kontroversi Game Roblox

Setelah dibuat dan dirilis, game Roblox pun mulai tumbuh pesat di tahun 2010an. Kemudian perkembangannya semakin dipercepat oleh pandemi COVID-19. Pada Agustus 2020, Roblox mendapat lebih dari 164 juta pengguna aktif bulanan — lebih dari setengahnya adalah anak-anak di bawah 16 tahun. Roblox juga menjadi salah satu platform game terbesar di dunia, menampung berbagai genre game, dari petualangan, simulasi, horor, hingga edukasi.

Namun, tidak semua hal yang dibuat di Roblox berjalan mulus bagi penciptanya maupun perusahaannya. Sejauh ini, Roblox juga menghadapi beberapa masalah dan kontroversi, seperti:

  • Peretasan situs pada tanggal 1 April 2012, yang menyebabkan tampilan situs berubah menjadi tidak pantas dan beberapa akun pengguna diretas.
  • Kritik terhadap moderasi konten dan microtransaction yang dianggap tidak adil atau mengeksploitasi anak-anak.
  • Tuduhan pelanggaran hak cipta dari beberapa perusahaan atau individu yang mengklaim bahwa Roblox mencuri ide, musik, atau aset mereka.
  • Konten tidak pantas atau ofensif yang dibuat oleh beberapa pengguna atau pengembang game. Bahkan artis Amerika Kim Kardashian sempat ingin menuntut perusahaan Roblox karena kasus pencemaran nama baik.

Meskipun begitu, Roblox dan judul-judul yang dibuat atau dirilis di sana tetap menjadi favorit jutaan orang di seluruh dunia. Sekian dulu artikel KotaKutu kali ini. Jangan lupa untuk memberi komentar ya, apakah kamu suka Roblox atau manfaat yang kamu dapat dari artikel ini. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

32 thoughts on “Roblox Itu Dirilis Pada Tahun Berapa, Sih? Gamers Tulen Wajib Tahu!

  1. Thanks for sharing superb informations. Your web-site is very cool. I am impressed by the details that you have on this web site. It reveals how nicely you understand this subject. Bookmarked this website page, will come back for extra articles. You, my friend, ROCK! I found just the info I already searched everywhere and simply could not come across. What a perfect web site.

  2. Nice post. I learn something more challenging on different blogs everyday. It will always be stimulating to read content from other writers and practice a little something from their store. I’d prefer to use some with the content on my blog whether you don’t mind. Natually I’ll give you a link on your web blog. Thanks for sharing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *