Kenalan Sama Mastodon, Aplikasi Saingan Twitter dengan Ikon Gajah

Kenalan dan Daftar Mastodon Yuk, Aplikasi Saingan Twitter Berikon Gajah2 min read

Tekno

Kembali lagi bertemu sama tim KotaKutu nih! SobatKutu yang hobi banget mainan medsos mungkin sudah pernah dengar nama Mastodon. Ya, aplikasi medsos saingan Twitter ini terbilang berbeda dengan aplikasi lain yang lebih mainstream. Apa saja bedanya Mastodon dengan Twitter dan bagaimana cara membuat akun di sana? Yuk langsung saja simak pembahsannya di bawah.

Apa Itu Aplikasi Medsos Mastodon? Simak Sejarah Singkatnya

Mastodon, Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter

Mastodon adalah aplikasi media sosial yang digarap oleh Eugen Rochko, seorang developer asal Jerman, pada tahun 2016. Dari tampilan bisa dibilang mirip dengan Twitter, tetapi keunggulannya adalah fitur desentralisasi. Tidak dikendalikan oleh satu perusahaan, aplikasi ini terdiri dari banyak server independen atau komunitas yang disebut instance; masing-masing memiliki aturan, kebijakan, dan opsi privasi sendiri. Meski begitu, semua pengguna Mastodon tetap bisa berinteraksi antara satu sama lain di server yang berbeda tanpa hambatan!

Maka dari itu, SobatKutu pun bisa bergabung dengan instance apa pun yang sesuai dengan minatmu atau bahkan membuat sendiri kalau mau. Mastodon juga merupakan bagian dari Fediverse, sehingga mampu berkomunikasi dengan aplikasi lain yang menggunakan protokol atau sistem serupa, seperti PeerTube dan Friendica.

Fitur-fitur Milik Mastodon Si Saingan Twitter Satu Ini

Fitur-fitur Milik Mastodon Si Saingan Twitter Satu Ini

Mastodon memungkinkanmu memposting teks 500 karakter dihiasi dengan emoji khusus, gambar, GIF, video, dan audio. Seperti halnya aplikasi medsos lain, kamu bisa membalas thread, repost, mencari akun baru untuk diikuti, serta memakai dan membaca hashtag yang sedang tren. Mastodon dibangun dengan fokus pada privasi dan keamanan. Karena itu, Sobat Kutu bisa menentukan apakah postingan-mu dapat dibaca oleh semua follower, hanya orang-orang tertentu, atau terbuka untuk seluruh dunia. Kamu juga bisa menyantumkan peringatan konten untuk menyembunyikan postingan yang berisi materi sensitif atau memicu emosi.

Aplikasi saingan Twitter ini adalah proyek nirlaba (non-profit) dan pengembangannya didukung langsung oleh donasi. Tidak ada iklan, tidak ada monetisasi, dan tidak ada venture capital. Merupakan aplikasi open-source dan memiliki API yang terdokumentasi dengan baik dan tersedia untuk semua orang, kalau kamu paham programming maka bisa saja kamu menambahkan aplikasi-aplikasi baru di dalamnya.

Cara Mendaftar Akun Mastodon di Mobile dan Browser

Cara Mendaftar Akun Mastodon di Mobile dan Browser

Jadi bagaimana cara bergabung dengan Mastodon? Gampang, kok! SobatKutu bisa menggunakan Mastodon dari browser di desktop PC maupun menggunakan perangkat mobile:

  1. Unduh Mastodon melalui Google Play Store dan Apple App Store.
  2. Pilih instance yang ingin kamu masuki.
  3. Buat akun baru dengan memasukkan alamat email dan kata sandi Anda.
  4. Buat username dan display name-mu.
    • Nama penggunamu kemudian akan diikuti oleh tanda @ dan nama instance. Contoh: @KotaKutu@instance.com.
  5. Selesai, deh!

Setelah kamu membuat akun, kamu bisa mengatur profil dengan menambahkan bio, gambar header, avatar serta beragam preferensi seperti notifikasi, privasi, filter, dan tema. Misalkan ingin pindah akun, ada juga fitur impor dan ekspor data untuk follower, following, blokir, dan mute.

Sekian dulu dari tim KotaKutu. Semoga artikel ini bermanfaat dan informatif bagimu. Jangan lupa untuk mencoba aplikasi Mastodon dan berbagi pendapat SobatKutu di sini. Sampai jumpa lagi!

25 thoughts on “Kenalan dan Daftar Mastodon Yuk, Aplikasi Saingan Twitter Berikon Gajah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *