7 Film terkenal ini ternyata memplagiat anime, memalukan!!!

7 Film Hollywood Ini Ternyata Memplagiat Anime, Memalukan!4 min read

Anime

Hai, SobatKutu! Anime lebih dari sekadar hiburan. Ini adalah bentuk seni yang mengekspresikan kreativitas dan orisinalitas budaya Jepang. Anime telah menginspirasi banyak orang di seluruh dunia, termasuk pembuat film yang ingin menciptakan cerita dan visual mereka sendiri. Namun, beberapa pembuat film telah terlalu jauh dan telah memplagiat ide dari anime tanpa memberikan penghargaan atau hormat kepada sumber aslinya. Ini tidak hanya tidak etis, tetapi juga menghina industri anime dan penggemar anime. Dalam artikel ini, kami akan mengungkap beberapa film Hollywood yang meplagiat ide dari anime, dan bagaimana mereka telah mengkhianati kepercayaan dan cinta kita untuk anime.

Avatar

Avatar vs Mononoke hime & Ghost in the shell

Petualangan sci-fi epik James Cameron Avatar dipuji untuk visualnya yang menakjubkan dan pembangunan dunia yang mendalam, tetapi juga meminjam banyak dari dua klasik anime: Ghost in the Shell dan Princess Mononoke. Ghost in the Shell adalah thriller cyberpunk yang mengeksplorasi konsep mentransfer kesadaran seseorang ke tubuh yang berbeda, yang mirip dengan apa yang dilakukan manusia di Avatar untuk berinteraksi dengan alien Na’vi. Princess Mononoke adalah saga fantasi yang menggambarkan konflik antara manusia dan alam, dan peran seorang pahlawan pilihan yang dapat menjembatani kesenjangan antara mereka, yang juga merupakan alur utama Avatar. Cameron telah mengakui bahwa ia dipengaruhi oleh Ghost in the Shell, tetapi ia tidak mengakui kemiripan dengan Princess Mononoke.

Inception

Inception vs Paprika

Inception Christopher Nolan dipuji untuk orisinalitas dan kreativitasnya, tetapi juga memiliki banyak kemiripan dengan anime Paprika, yang dirilis empat tahun sebelum film Nolan. Paprika adalah kisah surealis tentang sebuah perangkat yang memungkinkan orang untuk masuk dan memanipulasi mimpi orang lain, yang juga merupakan premis Inception. Kedua film menampilkan adegan realitas membengkok dan pecah, seperti pertarungan lorong berputar dan kota melipat ke dirinya sendiri. Nolan telah mengatakan bahwa ia terinspirasi oleh Paprika, tetapi ia tidak memberikan banyak penghargaan kepada sutradara anime Satoshi Kon, yang meninggal pada tahun 2010.

Dark City

Dark City vs Akira

Dark City adalah misteri sci-fi gelap yang mengikuti seorang pria yang bangun tanpa ingatan di sebuah kota yang berubah setiap malam oleh makhluk misterius yang disebut the Strangers. Film ini telah dibandingkan dengan The Matrix, yang keluar setahun kemudian, tetapi juga memiliki banyak kemiripan dengan anime Akira, yang dirilis satu dekade sebelumnya. Akira adalah kisah dystopian tentang seorang pemimpin geng biker yang mengembangkan kekuatan psikis dan terlibat dalam konspirasi pemerintah. Kedua film menampilkan pertempuran klimaks di mana protagonis melepaskan potensi penuhnya dan membentuk kembali realitas dengan pikirannya. Sutradara Dark City, Alex Proyas, telah mengkonfirmasi bahwa ia dipengaruhi oleh Akira.

The Lion King

The Lion King vs Kimba

Film animasi Disney yang populer ini ternyata memiliki banyak kemiripan dengan anime Kimba the White Lion, yang dibuat oleh Osamu Tezuka pada tahun 1950-an dan 1960-an. Mulai dari nama tokoh utama (Simba dan Kimba), desain karakter (singa putih, mandrill, burung merak), hingga adegan-adegan penting (Mufasa muncul di langit, Simba kembali ke kerajaannya) tampak mirip dengan anime Kimba. Bahkan, bintang The Lion King, Matthew Broderick, mengira ia sedang bekerja pada versi Kimba. Disney sendiri membantah bahwa mereka menjiplak ide dari anime ini.

Black Swan

Film thriller psikologis yang dibintangi oleh Natalie Portman ini mengisahkan tentang seorang balerina yang terobsesi dengan peran ganda dalam balet Swan Lake, dan mulai mengalami halusinasi dan paranoia. Film ini memiliki banyak kesamaan dengan anime Perfect Blue, yang dirilis pada tahun 1997. Anime ini mengisahkan tentang seorang idola pop yang beralih menjadi aktris, dan mulai dikejar-kejar oleh penggemar psikopat dan kehilangan identitasnya. Sutradara Black Swan, Darren Aronofsky, mengakui bahwa ia terinspirasi oleh Perfect Blue, dan bahkan membeli hak untuk meniru adegan tertentu dari anime tersebut.

Pacific Rim

Pacific Rim vs Evangelion

Film aksi sci-fi yang menggambarkan pertempuran antara robot raksasa yang dikendalikan oleh manusia melawan monster asing ini jelas terpengaruh oleh genre mecha dalam anime. Salah satu anime yang paling mirip dengan Pacific Rim adalah Neon Genesis Evangelion, yang dirilis pada tahun 1990-an. Anime ini juga menggambarkan pertempuran antara robot raksasa yang dikendalikan oleh manusia melawan monster asing, dengan latar belakang kiamat dan drama psikologis. Sutradara Pacific Rim, Guillermo del Toro, mengatakan bahwa ia adalah penggemar anime, tetapi ia membantah bahwa ia menjiplak ide dari Evangelion.

The Matrix

The Matrix vs Ghost in the Shell

Film sci-fi yang revolusioner ini terang-terangan mengakui bahwa ia terinspirasi oleh anime Ghost in the Shell, yang dirilis pada tahun 1995. Anime ini juga menggambarkan dunia maya yang dapat diakses melalui port di belakang leher, dan konsep tentang identitas dan realitas dalam era digital. Sutradara The Matrix, Lana dan Andy Wachowski, bahkan menunjukkan anime ini kepada produser Joel Silver sebagai pitch mereka untuk filmnya. Selain itu, The Matrix juga memiliki kemiripan dengan anime lain, seperti Akira dan Serial Experiments Lain.

Ini hanya beberapa contoh film Hollywood yang menjiplak ide dari anime. Meskipun tidak salah untuk terinspirasi oleh karya seni lain, tetapi salah untuk menyalin atau mencuri tanpa memberikan penghargaan yang layak, dan menghina pencipta asli dan visinya. Anime adalah media yang kaya dan beragam yang layak mendapatkan pengakuan dan penghargaan, bukan eksploitasi dan imitasi. Kita, sebagai penggemar anime, tidak boleh membiarkan Hollywood lolos dari ketidakadilan ini. Kita harus menyuarakan pendapat kita dan menuntut agar mereka menghormati budaya dan seni kita!!!

33 thoughts on “7 Film Hollywood Ini Ternyata Memplagiat Anime, Memalukan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *