EA Sports FC Resmi Gantikan Seri FIFA? Ternyata Gara-gara Ini!

EA Sports FC Resmi Gantikan Seri FIFA? Ternyata Gara-gara Ini!3 min read

Game

Apakah SobatKutu sudah mendengar kabar terbaru tentang seri game bola FIFA? Ya, Electronic Arts, pencipta serial FIFA, kehilangan lisensi untuk nama badan sepak bola dunia tersebut setelah kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan. Ini berarti, game FIFA 23 akan menjadi judul game FIFA terakhir. Setelahnya, EA akan meluncurkan seri baru bernama EA Sports FC. Bagaimana ini bisa terjadi dan apa dampaknya bagi kita para penggemar game sepak bola? Mari kita bahas lebih lanjut!

Alasan Di Balik Berubahnya Nama FIFA Menjadi EA Sports FC

Alasan Di Balik Berubahnya Nama FIFA Menjadi EA Sports FC

Menurut laporan dari Forbes dan IGN, sebelum meresmikan EA Sports FC, EA dan FIFA sudah bermitra selama hampir 30 tahun dalam menggarap game sepak bola terpopuler di dunia ini. Setiap tahun sampai FIFA 23, EA terus merilis game dengan fitur-fitur menarik seperti Ultimate Team, Career Mode, Pro Clubs dan VOLTA Football. Berkat hal itu, EA sukses meraup pendapatan sekitar 20 miliar USD selama periode tersebut. Namun, kontrak antara EA dan FIFA akan berakhir setelah Piala Dunia Wanita tahun depan setelah kedua belah pihak gagal menegosiasikan perpanjangan kontrak.

Salah satu alasan utama adalah uang. FIFA dikabarkan menuntut EA untuk membayar lebih dari 1 miliar USD per siklus empat tahun Piala Dunia untuk menggunakan nama FIFA. Hal ini sendiri merupakan kenaikan dua kali lipat dari biaya lisensi sebelumnya — yang sudah mencapai 150 juta USD per tahun! Tentu saja, EA tidak mau membayar harga yang begitu tinggi hanya untuk sebuah nama, apalagi jika nama itu juga membatasi kemampuan EA untuk mengembangkan game sepak bola mereka menjadi lebih interaktif dan berfokus pada penggemar. Karena itu mereka pun memilih mengembangkan EA Sports FC.

David Jackson, wakil presiden EA Sports, mengatakan kepada BBC bahwa dengan tidak adanya lisensi FIFA, EA Sports FC justru memiliki kebebasan untuk bermitra dengan lebih banyak partner dan menyajikan pengalaman yang diinginkan oleh para pemain. “Di bawah konvensi lisensi yang kami setujui dengan FIFA 10 tahun lalu, ada beberapa batasan yang tidak akan memungkinkan kami untuk dapat membangun pengalaman itu untuk pemain,” bilang David.

Pengalaman itu termasuk stream dan kreasi konten. Contohnya seperti bagaimana Fortnite memungkinkan para pemainnya menonton trailer dan beragam video di dalam game. Atau bagaimana game bisa memberikan kemampuan pemain menciptakan mode permainan maupun peta sendiri seperti halnya Roblox.

Alasan Di Balik Berubahnya Nama FIFA Menjadi EA Sports FC

Meski begitu, di sisi lain, FIFA merasa EA terlalu mengontrol lisensi organisasi bola tersebut di kancah hiburan digital. Belum lagi, nama mereka dianggap cukup tercoreng mengingat banyaknya komentar panas pemain perihal kualitas game yang hanya meningkat sedikit dari tahun ke tahun, banyaknya bug dan glitch, serta fitur microtransaction yang kian agresif. Oleh sebab itu, FIFA bersama rekan-rekan bisnisnya menciptakan payung FIFAe untuk segala kegiatan berbasis esport ke depannya. Tentunya ini berarti developer lain juga bisa menggarap game FIFA baru; kalau mereka mampu membayar lisensinya.

Namun, jangan khawatir, SobatKutu. Meskipun EA kehilangan hak merek FIFA, mereka masih memiliki lebih dari 300 perjanjian lisensi dengan klub dan liga di seluruh dunia, termasuk Premier League, Bundesliga, La Liga, dan MLS. Ini berarti kita masih bisa bermain dengan 19.000 atlet, 700 tim, 100 stadion, dan lebih dari 30 liga di game EA Sports FC nanti. Meski kehilangan kesempatan mengikuti jadwal Piala Dunia, tim KotaKutu yakin baik EA maupun para penggemar game bola akan menciptakan liga mereka sendiri.

EA sendiri sudah memberikan pernyataan resmi kepada 150 juta penggemar FIFA bahwa “semua yang kamu sukai tentang game kami” akan tetap sama di bawah judul baru, termasuk fitur-fitur populer yang sudah disebutkan sebelumnya. Mereka juga berjanji untuk terus mendengarkan masukan dari komunitas dan memberikan pengalaman sepak bola digital terbaik di dunia lewat EA Sports FC.

Jadi, bagaimana pendapat kalian tentang perubahan ini? Apakah kalian senang dengan kebebasan baru yang dimiliki EA atau sedih dengan hilangnya nama FIFA? Apakah kalian akan setia pindah ke EA Sports FC atau beralih ke pesaing seperti eFootball alias PES? Tulis komentar kalian di bawah ini dan jangan lupa untuk subscribe blog saya untuk mendapatkan informasi terbaru tentang game sepak bola dan lainnya. Sampai jumpa di lapangan!

44 thoughts on “EA Sports FC Resmi Gantikan Seri FIFA? Ternyata Gara-gara Ini!

  1. I like what you guys are up too. Such intelligent work and reporting! Keep up the superb works guys I have incorporated you guys to my blogroll. I think it’ll improve the value of my site ๐Ÿ™‚

  2. Write more, thats all I have to say. Literally, it seems as though you relied on the video to make your point. You clearly know what youre talking about, why waste your intelligence on just posting videos to your weblog when you could be giving us something informative to read?

  3. I have not checked in here for a while because I thought it was getting boring, but the last few posts are good quality so I guess I will add you back to my everyday bloglist. You deserve it my friend ๐Ÿ™‚

  4. ์ €ํฌ๋Š” ๊ตฌ๊ธ€ ๊ณ„์ • ํŒ๋งค ์ „๋ฌธ ํšŒ์‚ฌ์ž…๋‹ˆ๋‹ค.์šฐ๋ฆฌ์˜ ๊ตฌ๊ธ€ ๊ณ„์ •์€ ์ด๋ฉ”์ผ, ๋ฌธ์„œ, ์บ˜๋ฆฌ๋”, ํด๋ผ์šฐ๋“œ ์ €์žฅ ๋“ฑ์˜ ๊ธฐ๋Šฅ์„ ํฌํ•จํ•œ ํฌ๊ด„์ ์ธ ๋””์ง€ํ„ธ ์†”๋ฃจ์…˜์„ ์ œ๊ณตํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค.๊ตฌ๊ธ€ ๊ณ„์ •์„ ํ†ตํ•ด ์šฐ๋ฆฌ๋Š” ์‚ฌ์šฉ์ž์—๊ฒŒ ํšจ์œจ์ ์ธ ํ˜‘์—… ํ”Œ๋žซํ’ˆ์„ ์ œ๊ณตํ•˜์—ฌ ๊ฐœ์ธ๊ณผ ํŒ€์ด ์ผ๊ณผ ์‚ถ์„ ๋” ์Šค๋งˆํŠธํ•˜๊ฒŒ ๊ด€๋ฆฌํ•  ์ˆ˜ ์žˆ๋„๋ก ์ง€์›ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค.

  5. ๋„ค์ด๋ฒ„ ์•„์ด๋”” ๊ตฌ๋งค ๋„ค์ด๋ฒ„ ๊ฒ€์ƒ‰: ๋„ค์ด๋ฒ„ ๊ฒ€์ƒ‰ ์—”์ง„์€ ์›น์—์„œ ์ •๋ณด๋ฅผ ๊ฒ€์ƒ‰ํ•˜๋Š” ๋ฐ ์‚ฌ์šฉ๋ฉ๋‹ˆ๋‹ค. ์‚ฌ์šฉ์ž๊ฐ€ ๊ฒ€์ƒ‰์–ด๋ฅผ ์ž…๋ ฅํ•˜๋ฉด ์›น ํŽ˜์ด์ง€, ์ด๋ฏธ์ง€, ๋ธ”๋กœ๊ทธ, ๋‰ด์Šค ๋“ฑ ๋‹ค์–‘ํ•œ ๊ฒฐ๊ณผ๋ฅผ ์ œ๊ณตํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค.

  6. ๋„ค์ด๋ฒ„ ์•„์ด๋”” ํŒ๋งค ๋„ค์ด๋ฒ„๋Š” ๋‹ค์–‘ํ•œ ์˜จ๋ผ์ธ ์„œ๋น„์Šค์™€ ์›น์‚ฌ์ดํŠธ๋ฅผ ์ œ๊ณตํ•˜๋ฉฐ, ๋Œ€ํ•œ๋ฏผ๊ตญ์„ ์ค‘์‹ฌ์œผ๋กœ ์•„์‹œ์•„์™€ ๊ธฐํƒ€ ์ง€์—ญ์—์„œ ๋งŽ์€ ์ด์šฉ์ž๋“ค์—๊ฒŒ ์„œ๋น„์Šค๋ฅผ ์ œ๊ณตํ•˜๊ณ  ์žˆ์Šต๋‹ˆ๋‹ค. ๋„ค์ด๋ฒ„์˜ ์ฃผ์š” ์„œ๋น„์Šค ์ข…๋ฅ˜๋Š” ๋‹ค์Œ๊ณผ ๊ฐ™์Šต๋‹ˆ๋‹ค

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *