Twitter Makin Basi, 7 Aplikasi Saingan Twitter Ini Wajib Kamu Coba!

Twitter Makin Basi, 7 Aplikasi Saingan Twitter Ini Wajib Kamu Coba!3 min read

Tekno

Halo, SobatKutu! Apakah kalian sudah bosan dengan drama, sensor, dan masalah teknis yang terus-menerus terjadi di Twitter? Apakah kamu berharap ada cara yang lebih baik untuk curhat dengan teman-teman baru? Atau sekadar kesal saja dengan keputusan Elon Musk yang membuat Twitter kian tidak nyaman digunakan? Nah, untungnya, sekarang-sekarang ini sudah ada banyak aplikasi saingan Twitter yang bisa langsung dicoba. Kali ini, kami akan merekomendasikan sejumlah aplikasi alternatif mirip Twitter yang paling populer dan menjanjikan, nih.

1. Threads

Threads, Aplikasi Media Sosial Saingan Twitter dari Meta/Facebook

Pastinya kamu sudah sering dengar Threads, dong? Aplikasi terbaru yang diluncurkan oleh Meta (dulunya Facebook) ini adalah saingan Twitter yang paling mirip — baru rilis 3 hari, Threads sudah bisa meraup lebih dari 70 juta pengguna, loh!

Aplikasi saingan Twitter ini terintegrasi dengan Instagram, memungkinkan pengguna untuk berbagi ide, pendapat, dan kreativitas mereka dengan dunia serta berbagi postingan mereka langsung ke Instagram Stories. Threads memiliki antarmuka yang ramping dan intuitif, batas 500 karakter untuk postingan, dan kemampuan untuk menyertakan tautan, foto, dan video. Threads juga memiliki fitur akun terverifikasi untuk selebriti dan influencer. Kamu bisa mengunduh Threads di Google Play Store dan Apple App Store. Yuk simak cara bikin akun dan memakainya di panduan Threads Instagram dari KotaKutu.

2. Truth Social

Truth Social, Aplikasi Media Sosial Saingan Twitter Populer di Amerika

Selain itu ada juga Truth Social, aplikasi yang diluncurkan oleh mantan presiden Amerika Serikat Donald Trump. Truth Social adalah media sosial yang berjanji untuk menjunjung tinggi kebebasan berbicara dan menantang “media liberal”. Lumayan populer di kalangan konservatif Amerika dan penggemar Trump, kabarnya aplikasi kadang masih terganggu oleh masalah keamanan data dan ancaman hukum. Kalau penasaran, langsung coba buka halaman Truth Social di Google Play Store dan Apple App Store.

3. Gab

Gab, Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter

Selanjutnya adalah Gab, medsos mirip Twitter lain yang juga menyasar “sayap kanan” Amerika Serikat. Gab sudah diluncurkan sejak 2016 dan telah menarik jutaan pengguna yang di-ban dari situs media sosial lainnya. Gab diklaim sebagai “jaringan sosial dengan kebebasan berbicara”, tetapi juga memiliki reputasi sebagai tempat konten ekstrem dan ujaran kebencian. Google dan Apple sudah menghapus Gab dari Store masing-masing, jadi SobatKutu harus menggunakan browser atau aplikasi pihak ketiga untuk mengaksesnya.

4. Bluesky

Bluesky, Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter dari eks CEO Twitter

Kalau SobatKutu mencari sesuatu yang lebih umum dan tidak kontroversial, Bluesky bisa jadi pilihan. Medsos terdesentralisasi ini dulunya didukung oleh eks-CEO Twitter sendiri, Jack Dorsey. Bluesky dibuat sebagai aplikasi medsos yang “terbuka”, memungkinkan pengguna memilih aplikasi, algoritma, dan kebijakan moderasi mereka sendiri dengan harapan untuk mendorong lebih banyak inovasi serta mengurangi kekuasaan perusahaan teknologi besar. Kamu bisa coba mengunduh Bluesky lewat Google Play Store dan Apple App Store.

5. Mastodon

Mastodon, Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter

Pilihan terbuka dan terdesentralisasi lainnya adalah Mastodon, yang didukung oleh ribuan server independen yang disebut instance. Pengguna Mastodon dapat bergabung dengan instance mana pun yang mereka suka maupun membuatnya sendiri, lalu berkomunikasi dengan pengguna lain di seluruh jaringan. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang mirip Twitter, tetapi dengan beberapa fitur tambahan seperti postingan lebih panjang, peringatan konten, dan emoji. Mastodon bisa diunduh melalui Google Play Store dan Apple App Store. Kalau penasaran, langsung baca panduan lengkap cara pakai Mastodon dari KotaKutu.

6. Post News

Post News, Aplikasi Media Sosial Mirip Twitter

Kalau SobatKutu lebih tertarik untuk punya timeline khusus berita dan peristiwa terkini bagai RSS reader, Post News jawabannya. Post News memungkinkan siapa saja untuk merekam dan berbagi laporan berita, opini, atau wawancara mereka sendiri serta mendengarkan postingan dari pengguna lain. Aplikasi saingan Twitter ini juga memiliki sistem penghargaan kepada pengguna yang menciptakan konten berkualitas. Post News dapat kamu temukan di Apple App Store.

7. Spill

Spill, Aplikasi Media Sosial Saingan Twitter

Terakhir, buat yang lebih suka konten visual daripada teks atau audio, ada medsos video pendek Spill. Aplikasi baru ini bisa dibilang mirip Instagram Stories, Snapchat, Tiktok, dan Vine (masih ingat Vine?). Tapi ada sedikit perbedaan: kamu cuma bisa memposting satu video per hari dan video tersebut menghilang setelah 24 jam. Spill mendorong pengguna untuk menjadi otentik dan spontan saat berbagi momen sehari-hari mereka dengan pengikut mereka. Spill saat ini hanya tersedia sebagai aplikasi eksklusif invite-only di Apple App Store.

Jadi itulah dia, tujuh aplikasi saingan Twitter yang bisa SobatKutu langsung coba hari ini. Mana yang paling menarik atau mirip Twitter menurutmu, nih? Beri tahu kami di kolom komentar di bawah ini, ya.

23 thoughts on “Twitter Makin Basi, 7 Aplikasi Saingan Twitter Ini Wajib Kamu Coba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *